Senin, 08 Juni 2009

POHON MAHONI



Pohon mahoni kebanyakaan tumbuh di dataran tinggi,dan bila biji yang ditutup oleh kulit yang kering akan jatuh sendirinya lalu jatuhanya tersebut akan tumbuh menjadi bibit pohon mahoni.
konon para masyarakat dahulu biji pohon mahoni berkasiat untuk obt rematik, gatal-gatal dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi dulu cara mengkonsumsinya dengan cara menelan dengan mentah-mentah.
dan sekrang ini biji dijadikan obat dengan mengikuti perkembangan zaman mula -mula biji pohon mahoni dikerinkan lalu dijadikan bubuk obat-obatan. dan pohon mhoni mempunyai manfaat yaitu dari akar(bawah batang),di gunakan untuk bahan pembuatan arang, batangnya digunakan untuk bahan bakurumah/mebel(tiyang,pintu ,jendela dll) Rntingnya digunakan untuk kayu bakar,daunya digunakan untuk pakan ternak(kambing ,sapi ,kerbu dll)dan bijinya digunakan obat -obatan /jamu .
Pohon mahoni tua atau yang sudah besar umurnya kurang lebih 20-25 tahun,harga jual pohon mahoni itu tergantung dari besr kecilnya pohon tersebut.
dan biasany a yng digunakan untuk membuat bahan baku rumah atau mebel yang umurnya sudah tua,karena kayu jika kayu yang digunakan untuk membuat bahan baku rumah atau mebel bisa cepet dimakan rayap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar